Kamis, 01 Juli 2010

BENGAWAN SOLO (New Arrangement)

Tak banyak penyanyi atau pemusik Indonesia yang bisa melegenda di masyarakat. Satu dari yang sedikit itu adalah Gesang Martohartono. Lagu Bengawan Solo diciptakan pada 1940, saat ia berusia 23 tahun. Pada saat itu, ia tengah duduk di tepi Bengawan Solo.




Musisi senior kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 1 Oktober 1917, tersebut selalu kagum dengan sungai itu sehingga terinspirasi untuk menciptakan sebuah lagu. Proses kreatif lagu ini memakan waktu sekitar enam bulan.

Tidak hanya di Tanah Air, Bengawan Solo juga memiliki popularitas di luar negeri, terutama di Jepang. Bahkan lagu ini sempat dipakai dalam salah satu film layar lebar di Negeri Sakura.

Kini, sang maestro keroncong itu telah pergi. Setelah dirawat selama sembilan hari, Gesang Martohartono mengembuskan napas terakhir dalam usia hampir 93 tahun di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo, Jawa Tengah, Kamis (20/5/2010).

Sebagai bentuk penghargaan tertinggi kepada Bpk. Gesang dan seluruh insan musik di seluruh Jagat Raya, Sayap Nusantara mempersembahkan lagu Bengawan Solo versi Sayap Nusantara (New Arrangement).

Anda dapat mendengarkan lagu Bengawan Solo (New Arrangement) ini di Album Online Sayap Nusantara

Sumber :
http://www.xpressi.com/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar