Minggu, 04 Juli 2010

TIPS MEMBUAT DEMO MUSIK

Anda ingin mebuat demo musik?
Sebaiknya, perhatiin dulu hal-hal di bawah ini :

1. Kemasan Demo
Usahakan demo di bungkus dengan kemasan yang bagus dengan design cover, photo artis/ band dengan kemasan yg sudah seperti layaknya CD yang dijual di pasaran. Jangan lupa bio data dari artis dan juga credit title dari pihak yg terlibat dalam pembuatan demo tsb.

2. Photo figur dari artis atau band setidaknya mesti sudah di rancang atau dipilih dengan profesional.Artinya ada kecocokan antara Citra dari photo dengan jenis musik yg dibawakan... Bayangkan jika musiknya Rock dan photo artisnya menggunakan sarung dan peci.. Atau Musiknya Pop tapi photo artisnya menggunakan jacket kulit dengan paku2 dan sepatu boots ala Marilyn Manson.

3. Jumlah lagu dalam 1 demo
Kirimkan paling tidak ada 3 atau 4 lagu yang terbaik & diperkirakan dapat menarik perhatian ( Ini bukan berarti mencontek lagu, jenis musik ataui aransemen lagu lain). Jika memang mungkin setidaknya ada keragaman beat dari lagu lagu di dalam demo..Hal ini diperlukan agar pihak label bisa mendapat gambaran yang lengkap.

4. Aransemen musik
Karena Industri akan melibatkan konsumen/ masyarakat yg umunya awam, maka coba pilih lagu2 dengan notasi dan aransemen yang tidak terlalu rumit walaupun tetap mempunyai idealisme dan mewakili warna dan style atau gaya bermusik yang orisinal dari pemusik itu sendiri. Harus diingat bahwa label bukan MUSISI atau SENIMAN! Mereka pekerja Industri yg dasarnya adalah trading.
tips:
Intro lagu jangan terlalu panjang atau melebihi dari 10-15 detik. Serta pilih tema tema yang kiranya dapat menarik dan mudah dicerna ... Hal ini untuk mencegah timbulnya kebosanan dari label pada saat demo diputar. Coba bayangkan label harus mendengar dan memilih dari paling tidak20 demo deng isi 4 lagu yang artinya mereka harus mendengar dan memilih 80 lagusetiap
hari nya..' Jadi jangan terlalu menyalahkan mereka apabila musik yang ada di pasar saat ini 'seragam'.

5. Kwalitas Audio
Ini faktor yg juga menentukan. Lagu dan aransemen musik yang bagus akan terdengar tidak menarik apabila tidak disertai dgn kwalitas audio yang baik. Frekwensi, Balancing antar instrumen juga antara musik dengan vokal semua harus terdengar jelas.


6. Contact Person
Jangan pernah lupa untuk menyertakan nomer kontak yang siap dihubungi kapan saja. Akan lebih baik jika ada beberapa nomer kontak. Karena bagaimanapin bagus nya satu demo jika tidak ada yang bisa dihubungi maka semua jadi percuma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar